Andai aku telah dewasa

15 Feb

Judulnya mirip lagu Sherina kan?? Hihihi.. Aya mendadak seneng banget nyanyiin lagu ‘andai aku telah dewasa’.. Hmm.. Ternyata ibu guru di sekolah lagi ngajarin lagu Sherina ini. Kirain ketemu pak google di sekolah, dari hasil temuan ‘pencarÍan’ nyasar ke lapaknya Sherina, ternyata bukan hehehe… Hari ini, sejak pulang sekolah, mau makan, mau mandi, mau tidur..nyanyi lagu ‘andai aku telah dewasa’ penuh penghayatan lhoo dia nyanyiinnya.. *jadi ikut terharu, kebayang kalau Aya nanti udah dewasa, akan punya kegiatan sendiri, gak ada lagi panggilan – panggilan :

“mama.. Mama” secara terus menerus, hihihi..  Atau.

“mau sama mama” atau.. “Ditemenin mama..”.

Walau kadang – kadang dalam hati bertanya – tanya “ini anak kapan bisa gak usah pake ditemenin terus sih? “, tapi tetap hal – hal kecil itu akan menjadi kenangan terindah buatku. Sebagai mamanya, nikmati banget setiap langkah suka duka Aya (dan baby fa) dalam kesehariannya. Padahal kalau dibilang galak, kadang aku ini termasuk galak juga lho.. *sigh(penuh penyesalan), kadang – kadang suka gak sadar suara bisa lebih keras dari pada yang aku duga ( tapi gak sampe main pukul yaaa.. pokoknya galaknya masih halus kok hehehe..) , hiks.. Maafkan mama ya Aya.. Abis gimana ya temans?? Seorang mama kan juga manusia, kadang – kadang ada juga rasa jenuhnya, walaupun akhirnya rasa jenuh itu tanpa sadar terkubur dalam – dalam ketika mendengar suara indah nan merdu memanggil “mama”.  Selain itu, hal yang membahagiakan juga bisa mendengar ceritanya, mendengar tangisannya, menenangkan rasa gelisahnya, dan lainnya, ya kan? Jadi.. Kenapa ya kok kadang bisa marah sampe galak banget gitu??  hihihi… Jujur sih pertama kali ngerasa adalah : lelah, karena kadang – kadang ngerasa susah bener anak mau ngerti apa yang kita bicarakan dan yang ingin kita sampaikan, tapi wajar juga sih.. Masih anak – anak mana mungkin bisa langsung ngerti ucapan, wong..terkadang satu kata masih nanya “artinya apa?”,hehe,  tapi kan teori sama praktek suka beda kan ya bu-ibu..?  Orang tua ngerasa udah capek aja kasih tau (pengertian), tapi anak gak ngerti – ngerti, ga sadar jadilah marah – marah ke anak, tapi setelah itu apa yang terjadi?? penyesalan yang luar biasa!!! Gak akan ngulangin lagi kelakuan marah gitu ke anak, gak ada gunanya juga dan ga efektif, karena tujuan yang ingin kita sampaikan gak sampe ke anak. Kalau marah, kadang – kadang ucapan juga bisa gak terkontrol, tanpa sadar malah keluarin kata – kata negatif, misalnya jadi kayak bahasa larangan atau membandingkan anak dengan si a atau si b, padahal itu kan gak enak banget!  makanya ujungnya jadi nyesel hehehe..

Eniwey, semua kejadian marah – marah itu sebenarnya gak pengen dan gak harus terjadi, siapa sih mama yang tega marahin anak tersayangnya?? Pasti gak ada!

Sampai suatu ketika, tegur sapa dengan sahabat lama terjadi lewat BBm. Sebagai sesama mama.. Biasa deh percakapan pasti gak jauh dari anak, hehe.. Dan hampir dipastikan dia juga pernah marah besar ke anak. Sangking pengen kontrol emosi untuk menghadapi anaknya kalau lagi rewel, dia sampe ikut seminar lhoo.. bagaimana cara me-manage marah pada anak supaya menjadi lebih baik, ternyata untuk sehari – harinya, dia pake 2 method supaya gak marah pada anak, selain itu juga pesan yang ingin kita sampaikan, bisa tepat ke titik sasaran, walaupun tidak seratus persen, tapi setidaknya bisa meminimalisasikan emosi kita ya.. Hhehe.. Caranya simple banget! :

1. Ketika anak mau tidur, pijit – pijit pelan betisnya sambil ucapkan kata – kata positif — ini sih udah hobby aya dari dulu! Kalau kakinya gak di pijit, dia susah tidur, hihihi.. Jadi bisa dikatakan nomor satu ini udah dijalankan hehe..

2. Ketika anak mau tidur, dan baru bangun tidur, elus – elus punggungnya, sambil ucapkan juga kata – kata positif — kalau ini, aku belum coba, baru coba satu kali.. Pastinya akan continue, terus menerus secara rutin.

Semua dilakukan ketika anak akan tidur, dan bangun tidur,  karena ini waktu yang tepat bagi anak untuk mau mendengar setiap pembicaraan kita, contohnya : membacakan dongeng sebelum tidur, pada umumnya anak – anak semangat banget kan mendengar cerita dongeng menjelang tidur. Jadi, rasanya gak salah juga kita coba 2 metode diatas sambil selipkan kata – kata positif setiap hari, rutin. Selain anak jadi lebih dekat dengan kita, kemungkinan harapan dan penyampaian komunikasi yang akan kita sampaikan untuk anak bisa connect alias gak cuma masuk telinga kanan, keluar telinga kiri, hehehe… Sobatku itu udah berhasil membuktikan cara ini, anaknya sudah hapal beberapa doa – doa pendek, padahal usianya masih batita, ini semua berkat usaha dia melakukan langkah 1 dan 2 diatas. Keren ya? *thanks to Auliadevi.

Jadi, mumpung anak – anak masih dalam usia emas, masih bisa ditatar oleh orang tuanya, cara Auliadevi ini boleh juga ditiru, Hehehe..?? Silahkan dicoba.. Ga ada salahnya juga kan? Karena ini adalah salah satu cara langsung praktek, gak repot!, kita juga lebih bisa dekat dengan anak, dan menyampaikan pesan positif yang membangun.

Okee.. Balik lagi lagu yang lagi digandrungi Aya.. Hihihi.. Karena dia bolak balik nyanyi lagu kesukaannya itu, aku coba kasih liat aja klip-nya tuh kayak gimana, sekalian juga aku cerita kalau itu ada film-nya, ya ampun.. Aya jadi nge-fans gitu sama Sherina hahahaha.. Diam – diam dia termotivasi karena liat semangatnya Sherina di Petualangan Sherina.. Hihihi..

Aya sama Fa nonton klip-nya Sherina waktu nyanyi ‘andai aku telah dewasa’, Aya ikut nyanyi karena ada tulisan lirik lagu di videonya, sedangkan baby Fa?? Ketawa dan teriak – teriak kecil sambil kakinya nendang – nendang hahahahaha.. Udah gitu, Fa mau utak – atik laptopnya, kakaknya langsung protes, gak boleh ganggu hahahahaha… Fa gak protes, jadi ikut serius nonton, disambung senyum – senyum, ketawa lagi ala bayi.. Hihihi.. Happy banget liatnya ^ ^. Kira – kira begini gaya Fa nonton dengan penampakan dari belakang hehehe..

Fa nontonciyus banget ya nontonnya ^ ^ ini masih dipangku ya… om – tante… gayanya aja sok udah gede hehehe…

Fa aya nonton

“Jangan dek..”  kata Aya, baby Fa udah mau utak atik laptopnya hahaha…

Gimana gak tambah cinta???”
*mmmuaaaaahhh… Makin mau peluk Aya danFa! cinta banget! :D

Andai aku t’lah dewasa
Apa yang ‘kan kukatakan
Untukmu idolaku tersayang  Ayah… Oh…
Andai usiaku berubah
Kubalas cintamu bundaPelitaku, penerang jiwaku dalam setiap waktu
Oh… Kutahu kau berharap dalam doamuKutahu kau berjaga
dalam langkahkuKutahu s’lalu cinta dalam senyummu
Oh Tuhan, Kau kupinta bahagiakan mereka sepertiku
Andai aku t’lah dewasa
Ingin aku persembahkan
Semurni cintamu, setulus kasih sayangmu
Kau s’lalu kucinta
Andai usiaku berubah
Kubalas cintamu bundaPelitaku,
penerang jiwakuDalam setiap waktu
Oh… Kutahu kau berharap dalam doamu
Kutahu kau berjaga dalam langkahkuKutahu s’lalu cinta dalam senyummuOh Tuhan,
Kau kupinta bahagiakan mereka sepertiku
Andai aku t’lah dewasaIngin aku persembahkan
Semurni cintamu, setulus kasih sayangmuKau s’lalu kucinta

25 Responses to “Andai aku telah dewasa”

  1. Arman February 15, 2013 at 6:15 pm #

    gua juga suka banget ama lagu ini!!! lagunya bagus, yang nyanyi suaranya bagus, arrangement nya juga bagus banget… salah satu masterpiece nya alm. elfa s ya!

    • lovelyristin February 16, 2013 at 9:10 am #

      Iya bener… Salah satu karya mastepiecenya alm elfa’s, bagus bgt lagunya.. Btw.. Klo disana film dan lagu anak gampang ga sih ditemuin? Klo disini kan rada susah, makanya tuh aya suka bgt pas nonton petualangan sherina, padahal kan ini film lama hehe

  2. yisha February 16, 2013 at 2:11 am #

    yisha ngga pengin dewasa…

    • lovelyristin February 16, 2013 at 9:11 am #

      Iya kan? Rasanya gak pengen ya anak2 jd cpt gede, krn nantinya mereka akan pny kehidupan ndiri, kangen terus pasti bawaannya hehehehe

  3. Ika Koentjoro February 16, 2013 at 2:39 am #

    Ini namanya Neuro Lingustic Programe ya

    • lovelyristin February 16, 2013 at 9:18 am #

      Wah.. Mbak ika.. Aku ga tau jg klo ini namanya neuro linguistic program ya? Coz yg ikutan seminar, tmn ku aulidevi itu hihihi.. Dan dia ksh aku info dgn cara spt itu untuk bs komunikasi yg baik pada anak. Tp barusan aku jadinya cari di google, kyknya bener jg ya mbak.. Ini salah satu cara neuro linguistic program, makasih infonya mbak :)

      • Ika Koentjoro February 16, 2013 at 10:43 pm #

        He,,,he kebetulan aku punya bukunya dan udah mulai aku praktekin ke anakku :)

      • lovelyristin February 17, 2013 at 6:50 am #

        Mau dong mbak.. Judul buku, pengarang dan penerbitnya apa hehehe…

  4. mintarsih28 February 16, 2013 at 10:05 am #

    lagu yang mendidik sekali ya mbak lover

    • lovelyristin February 19, 2013 at 5:08 pm #

      Bener mbak… Liriknya bagus ya… ^ ^

  5. bundarevaza February 16, 2013 at 1:34 pm #

    itu tandanya aya mau beranjak gede..ya udw kasi motivasi aya ke sherina biar dia mau semangat ngaji sama belajarnya…pasti semangat aya….itu foto faeyza sook tau aja yaa…apa yg ditonton hadeeh jd gemeees

    • lovelyristin February 17, 2013 at 6:52 am #

      Bunda… Aya dewasanya nanti aja, jangan kecepetan… Masih pengen manja2in aya… Hihi *emak manja :p

  6. sulunglahitani February 16, 2013 at 3:08 pm #

    Ngerasain banget apa yang mbak rasakan. Soalnya sering ngeliat para guru TK kelabakan ama anak2 TK-nya :D

  7. dea February 18, 2013 at 2:38 am #

    waaaa aku suka banget dulu ama lagu ini ……

    • lovelyristin February 19, 2013 at 4:50 pm #

      Aku sampe skrg jg msh suka kok de… Hehe

  8. Lidya February 18, 2013 at 5:19 am #

    jadi inget lagunya sherina juga nih. thanks sharingnya ya

  9. novianadewi February 19, 2013 at 7:23 am #

    Untunglah lagu kesukaannya Aya “andai aku telah dewasa” dan bukan “iwak peyek”…..

    • lovelyristin February 19, 2013 at 4:51 pm #

      Waakksss… Hahahaha… Langsung emakny yg klabakan klo sampe suka iwak peyek hahaha… Makasih udh mampir ya mbak :)

  10. danirachmat February 25, 2013 at 4:37 am #

    lagunya bagus bangeeet. Dulu nangis pas dengernya. Hiks hiks.
    Soal ngomong hal-hal positif sedang berusaha untuk konsisten nih.. :D

    • lovelyristin February 26, 2013 at 5:04 pm #

      Soalny lirikny memang menyentuh ya.. :)

  11. annisha noor rani kharisma bharati January 12, 2014 at 11:34 am #

    lagunya bagus,menyentuh banget

    • lovelyristin January 13, 2014 at 8:12 pm #

      Iya, bagus yaa… Makanya jd favorit anakku hehehe… Makasih udh mampir ya :)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Very Inspiring Blogger Award | Catatannya Sulung - February 16, 2013

    [...] Mbak Ristin [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 831 other followers